Minggu, 18 Mei 2014

SILABUS MTS ASWAJA KELAS 3

SILABUS
Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran            : BAHASA INGGRIS
Semester                      : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to  getthings done ) daninterpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: menawarkan, menerima, menolak sesuatu(tawaran),
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yangmelibatkan tindak tutur: mengundang,menerima dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan:

A : How about drinking coffee?
B : Thank you so much/ No thanks.

A: Congratulations on your 13th birthday!
B: Thank you.

A: you lokk so charming in that white gown.
B: Thanks.


A: What do you think of
this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan:
A: Would you come to
my party?
B: I’d love to / I want to,
but ........
A; I do agree
B; Thanks for the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
1. Brainstorming
bertanya dan
menjawab tentang
berbagai hal terkait
tema topik yang
akan dibicarakan.
2. Membahas
kosakata ( noun
phrase, verb
phrase, adverb
phrase) tata bahasa (kalimat
sederhana tentang
tawaran jasa,
meminta sesuatu,
informasi faktual,
pendapat terkait
materi percakapan
3. Mendengarkan
percakapan yang
memuat ungkapan ungkapan dalam materi dengan cermat
4. Menjawab
pertanyaan tentang
isi percakapan.
5. Memberi respon
lisan dan tulis
terhadap ungkapan
yang didengar.
1. Memberi respons
lisan Curah
pendapat tentang
hal-hal terkait
topik/ungkapan
yang akan dibahas
2. Membahas
kosakata dan tata
bahasa terkait topik/ ungkapan yangdibahas
3. Mendengarkan
percakapan
memuat ungkapan
terkait marteri
4. Tanya jawab tentang isi
percakapan
5. Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan

• Merespon ungkapan menawarkan, menerima, menolak tawaran (sesuatu).
• Merespon
Ungkapan pujian, selamat, kekaguman, cara memilih.
• Merespon ungkapan meminta dan memberi
Pendapat











• Merespon ungkapan
mengundang,menerima, dan menolak ajakan
• Merespon ungkapan
menyetujui / tidak menyetujui
• Merespon ungkapan memuji
• Merespon ungkapan memberi selamat
Tes lisan




Tes lisan












Tes lisan



Tes lisan



Tes lisan
Merespon secara
lisan



Pertanyaan lisan












Pilihan ganda



Pertanyaan lisan



Isian

Respond the
following statement
Q: How about drinking coffee
A:.......
Q: Congratulations of your winning!
A: ...........
Choose the right
response
Q: What do you think of this?
a. Yes, I did
b. Not bad.
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think of my new dress
A:............
Write your
response to the
following
statements:
1. Would you go
with me to the movie?
2. I do agree with
you to join the speech contest
3. You have
beautiful hair.
4. You passed your
exams.
Congratulations.
2 x 40 menit



























1. Script percakapan
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambargambar/ benda terkait









1 Script percakapan
2 Rekaman percakapan
3 Tape recorder
4 Gambar yang relevan Buku teks yang relevan
Bersahabat, komunikatif
Cermat.
Percaya diri.
Kreatif.
Kerja sama.
Ulet.
Rasa ingin tahu.















Toleransi

Standar Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Merespon makna yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederh ana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
• Teks fungsioanl
pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house forlunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                        Mona
• Ciri kebahasaan teks
fungsional pendek
• Langkah retorika teks:
- descriptive
(identification –
descriptions)
- recount (
orientation events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
descriptive
recount
Langkah retorika teks :
descriptive
(identification –
descriptions)
recount (orientation events –
reorientation)
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas dengan rasa ingin tahu
2. Membahas kosakata yang terkai tema/topik/undang
an (noun phrase,
verb phrase)
3. membahas ungkapanungkapan
yang sering muncul
dalam undangan:
- I want you to come to.......
- Please come to ...
- Don’t forget to
Come to......
4. Mendengarkan
teks fungsional pendek
(undangan)
5. menjawab pertanyaan
tentang berbagai
informasi yang terdapat dalam teks fungsional,
undangan.
6. Mendengarkan
contoh-contoh undangan lainnya dari teman dengan cermat
7. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek :
undangan
- invite
- occasion
- time
- place
- Invitor
1 Eliciting kosakata
terkait tema/topik/
jenis teks
2 Membahas tata
bahasa terkait jenis
teks yang akan dibahas
3 Mendengarkan teks
Monolog descriptive /
recount dengan topik tertentu dengan ingin tahu
4 Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5 Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
• Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan.
• Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa
Undangan.


• Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks
Berbentuk descriptive dan
recount
• Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.
Tes



tertulis



Tes lisan


Tes tulis
Melengkapi
rumpang


Pertanyaan
lisan





PG
Complete the
following sentences
based on the text
you hear
Answer the
questions orally
based on the text
you listen to
Choose the best option based on the
text you have
listened to
2 x 40 menit










2 x 40 menit
1. Script teks undangan
2. Rekaman undangan
- cassette
- tape recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks


1 Buku teks yang relevan
2 Gambar terkait tema / topik
Script teks:
descriptive / recount
4 Rekaman teks
5 Tape recorder
6 OHP
7 Lingkungan sekitar
Rasa Ingin tahu









Kreatif, mandiri

Standar Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get
things done) dan
interpersonal
(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan
berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
menawarkan, menerima, menolak sesuatu(tawaran), memberi, menerima, menolak pendapat.

3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan
Interpersona l(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/tidak
menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan.
A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.
A: What do you think of
this?
B: Not bad.
A: Do you agree with that?
B: Yes I agree/ No I don’t.












A: Would you come to
party?
B: I’d love to / I wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
1. Review kosakata
dan ungkapanungkapan
terkait materi dan tema
2. Tanya jawab
Menggunakan ungkapan ungkapan tersebut
3. Bermain peran melakukan
percakapan yang disediakan guru dengan percaya diri
4. Bermain peran
Melakukan percakapan
Berdasarkan situasi   /gambar yang disediakan
percaya diri
5. Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
dalam real life
situation dengan mandiri




1. Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2. Memperkenalkan
kosakata baru /
ungkapanungkapan
yang
akan dibahas
3. Tanya jawab
menggunakan
ungkapanungkapan
terkait
materi dengan bersahabat
4. Menirukan
percakapan yang
diucapkan guru
5. Melakukan
percakapan yang
diberikan
6. Melakukan tanya
Jawab menggunakan
Ungkapan tersebut
Bertanya dan menjawab tentang menawarkan , menerima, menolak jasa
Bertanya dan
menjawab tentang
meminta,memberi,
menolak tawaran
Bertanya dan memberi pendapat










Bertanya dan menjawab tentang mengundang,
menerima, menolak
ajakan

Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak
menyetujui
Bertanya dan menjawab tentangmemuji
Bertanya danmenjawab tentang
memberi selamat
Tes lisan






















Tes lisan
Bermain peran






















Bermain peran
Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class.


















Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class.
2 x 40menit
1. Buku teks yang
    relevan
2. Gambar-gambar
     terkait tema
3. Realia
    Benda sekitar
Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif
Percaya diri


















Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif



Standar Kompetensi : Berbicara
4. Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog
pendek sederhanadengan menggunakan
ragam bahasa nista
secara akurat, lancar,
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk
descriptive dan recount
Teks fungsional pendek
berupa :Undangan







1. Teks pendek
berbentuk recount
2. – informasi faktual- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan
pendukung dalam
teks pendek
berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan teks
recount
1. Mendengarkan  teks fungsional pendek: undangan dengan cermat
2. Tanya jawab
tentang isi teks“undangan”
3. Tanya jawab
tentang struktur
teks
4. Membuat kalimat
sederhana terkait
jenis teks bentuk
undangan
- I want to come to....
- Please come to........
5. Berlatih mengundang
seseorang secara
lisan menggunakan
gambit-gambit tertentu 
dengan kreatif dan
komunikatif
Contoh:

A: Hi Guys, I want you all to
come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
6. Secara berpasangan atau
dalam kelompok
mengungkapkan undangan
berdasarkan konteks / situasi yang diberikan
7. Secara mandiri
Mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya jawab berbagai hal
terkait topik tertentu (
peristiwa, kejadian,
pengalaman )
2. Mengembangkan
kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks
recount
3. Mengidentifikasi kejadian, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami
melalui tanya jawab
4. Melakukan
monolog dalam
bentuk recount
• Mengungkapan
secara lisan teks
fungsional pendek
berbentuk
undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                                   Mona
• Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai
Informasi tentang teks
fungsional pendek
berbentuk undangan
1. Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk :    - Recount
2. Melakukan
monolog pendek
dalam bentuk
recount
Tes lisan
Performance
Invite your friend to
come to your
bithday party orally!
Think of an activity
or event that
happened to you
yesterday and tell us about it.
2 x 40 menit








4 x 40 menit
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar




1. Buku teks yang Relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa
Cermat
Kreatif,
Bersahabat















Kreatif,
komunikatif

Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1. Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

5.2. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar

5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Teks fungsional pendek
berupa: Undangan









Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah retorika teks descriptive dan recount
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
1. Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
2. Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/ teman dengan cermat
3. membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan dengan percaya diri
4. menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
5. Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”

1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2. Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3. Membaca teks descriptive/recount dengan rasa ingin tahu
4. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif dan langkah retorika teks descriptive/recout
6. Menyebutkan ciriciri Kebahasaan teks yang dibaca dengan antusias

Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan
Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah retorika teks descriptive dan recount
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
Tes lisan



Tes tertulis





Tes tulis









Tes lisan
Membaca
nyaring


Uraian





True or False


Membaca
nyaring
Read the the text
aloud and clearly.
Answer the
following questions
based on the text
Choose the best
Answer (T or F)based on the
text.
Read the text
aloud.
2 x 40menit




















4 x 40menit
1. Buku teks yangrelevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar

















1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/temp at
4. Lingkungan sekitar
Percaya diri
Kreatif,
cermat,
komunikatif
mandiri

















Rasa ingin tahu
antusias

Standar Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1. Mengungkapkan
makna dalam bentuk
teks tulis fungsional
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar



6.2. Mengungkapkan
makna dan langkah
retorika dalam esei
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk
descriptive dan
recount
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan










Teks rumpang
berbentuk
- descriptive
- recount
Kalimat acak
1. Tanya jawab berbagai hal
terkait tema/topik
teks fungsional yang akan
dibahas
2. Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa
terkait jenis teks fungsional
3. Menulis kalimat
sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks
fungsional pendek
berdasarkan konteks dengan kreatif dan komunikatif

1. Review Ungkapan ungkapan yang mendeskripsikan
benda, orang atau tempat.
2. Menulis kalimat yang
Mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan
gambar/realia.
3. Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif
dengan kata yang tepat.
4. Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yangterpadu.
5. Membuat draft teks deskriptive
secara mandiri.
6. Mengekspos teks
descriptive yang
ditulis di kelas dengan mandiri dan percaya diri

• Melengkapi
rumpang teks
fungsional pendek
• Meyusun kata
menjadi teks
fungsional yang
bermakna
• Menulis teks
fungsional pendek





• Melengkapi
rumpang teks essai
pendek berbentuk
descriptive
• Menyusun kalimat
menjadi teks yang
bermakna dalam
bentuk descriptive
• Menulis teks essai
dalam bentuk
descriptive .
Tes tulis







Tes tulis





Tes tulis







Tes tulis
Essay
Completion
Jumbled
sentences
Essay
1. Write simple sentences based on the situation given.
2. Write an invitation/ an announcement / message based on the situation given.
Complete the paragraph using the suitable words.
Rearrange the following sentences correctly.
Write an essay describing something or a certain place.
2 x 40 menit













4 x 40 menit
1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan




1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
Kreatif
Cermat
Komunikatif










Kreatif
Cermat
Komunikatif
Percaya diri
Mandiri













LEMBAR PENGESAHAN





                                                                                                                                                                                                Tulungagung, 02 September 2013
Guru Pamong                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                                                                          




ANANG DWI CAHYONO, S.Pd                                                                                                   HANIK KHOIROTUN NIMAH
NIP. 197712102005011002                                                                                                                NIM. 3213103071


Tidak ada komentar:

Posting Komentar