RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMP
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/I
Skill
:
Speaking
Tema
: Invitation
Alokasi waktu : 1 x 40 menit
1.
Standar
kompetensi
ü Mengungkapakan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.
Kompetensi
dasar
ü Memahami dan merespon percakapan
transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana dengan mengunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur : mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui,
memuji, dan memberi selamat.
3.
Indikator
pencapaian
§ Mengungkapakan secara lisan ungkapan
invitation
§ Merespon secara lisan ungkapan
invitation
§ Berdiskusi tentang ungkapan
invitation
§ Mengunakan ungkapkan invitation yang
mereka temui dalam kehidupan sehari-hari
4.
Tujuan
pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat:
ü Melafalkan atau mengungkapkan
ungkapan invitation sesuai dengan konten
ü Menggunakan ungkapan invitation
dalam kehidupan sehari- hari dengan lancar
ü Mengartikan ungkapan invitation yang
mereka temui dengan benar
ü Merespon ungkapan invitation secara
lisan denagn pronoun yang benar
5. Materi
ajar
A.
Teaching
material
ü Vocabulary related to the invitation
expression
ü Expression to invite someone.
1. You can use these expressions to
invite someone.
§ Shall we come to……….
§ Like to come to………..
§ Would you like to come?
§ I’d very much like you to come.
§ I’ll really happy if you come to…
2. You can use these expressions to
accept an invitation.
§ Yes, certainly I will come.
§ I’d like to love to come.
§ I would, very much.
§ Thank you very much for inviting me.
§ That’s fine
3. You can use these expressions to
decline an invitation.
§ I’m terribly sorry. I don’t think I
can.
§ I’m very sorry, I can’t.
§ Thank you very much, but……
§ Thank you for asking me,
B. Learning
material
§ Find the dialogues below using the
expressions of accepting and declining invitation.
Dialog
1
Ludi
Invites Maya to go to a Movie
Ludi
: Hi, Maya. There will be a great film tonight. It’s about vampire.
Would
you like to go to the movie with me?
Maya
: Yes, certainly I will come. When will you pick me up?
Ludi
: I’ll pick you at 7.00. Be ready, OK!
Maya : Alright.
Dialog
2
Afif
is very busy doing his homework. Sheila, his friend, asks him to come to her
party.
Sheila : Heloo,
this is Sheila. May I speak to Afif?
Afif
: This is Afif speaking.
Sheila : Oh, hi Afif. I
wonder if you’d like to come to my house right now.
We’re having a great party.
Afif
: I don’t think I can. I’m doing my homework. My parents won’t
let me out before I finish my
homework.
Sheila : That’s alright.
Afif
: I hope you enjoy your party. Bye.
Sheila : Bye.
§ Based on dialogue above it’s group
the practice it in front on the class.
6.
Metode
pembelajaran
ALM
(Audio lingual method), Driling conversation
7. Kegiatan pembelajaran
§ Pendahuluan/ pre activities
ü Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti process pembelajaran (checking
attendencce list)
ü Guru mengajukan
beberapa pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari
Contoh :
‘’well student, do you ever invite your friend to go
to the party?
“What do you say if you want to invite your friend?
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai “ok student, I will mention to you,
what kind of expression you can use,“Please listen to me after I mention
one by one those expressions, I hope you can repeat it….
ü Guru menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Well, my students, our topic is about expression invitation
8.
Kegiatan
inti
§ Explorasi
ü Siswa mendengarkan secara seksama
ungkapan yang disebutkan oleh guru.
ü Siswa diminta guru untuk
mengulangi ungkapan tersebut
ü Siswa diminta menemukan exprsessing
invitation dalam dialog secara kelompok.
§ Elaborasi
ü Siswa diminta untuk memahami
ungkapan – ungkapan yang telah disebutkan oleh guru.
ü Siswa dan guru secara bersama
mengulangi mengungkapkan ungkapan – ungkapan tertentu.
ü Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
dan diminta untuk menampilkan dialog yang telah dipelajari.
ü Siswa bersama pasangannya
menampilkan dialog yang telah dibuat didepan kelas
You and your partner have to practice your dialogue in front
of the classroom.
§ Konfirmasi
ü Guru meminta siswa untuk memberi
tanggapan mereka atas penampilan teman-temanny. What do you think about
your friends performance?
ü Siswa mendapatkan feedback dari guru
dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan unngkapan invitation.
ü Guru memberikan appresiasi atas pencapaian
siswa
§ Kegiatan akhir
ü
Guru
dan siswa menyimpulkan pelajaran bersam
ü
Guru memberikan penilaian atas pencapaian
siswa
ü
Siswa
mendapatkan feedback dari guru dan mereview ungkapan expression invitation
ü
Guru
memberikan komentar yang membangun kemajuan siswa.
ü
Guru meminta siswa untuk membuat dialog
dirumah yang berhubungan dengan expressions invitation
9. Sumber/bahan/alat
English in focus ( for grade VIII )
10. Penilaian
a. Teknik : tes lisan
b. Bentuk : mempratekkan
dialog didepan kelas
c. Alat penilain
d. Kriteria
penilain
Rubic penilaian
No.
|
Element yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Penilaian peserta didik
|
1.
|
Intonation
|
20
|
|
2.
|
Pronunciation
|
20
|
|
3.
|
Fluency
|
20
|
|
4.
|
Content
|
20
|
|
5.
|
Face/ body expression
|
20
|
|
Total
|
100
|
Tulungagung, 04 September
2013
Mengetahui
Guru
pamong
Anang
Dwi C.,S.Pd
NIP.
197712102005011002
|
Guru
Praktik
Hanik
khoirotun nikmah
NIM.
3213103071
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar