SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1
(Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to getthings done ) daninterpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: menawarkan, menerima,
menolak sesuatu(tawaran),
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yangmelibatkan
tindak tutur: mengundang,menerima dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak
menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan
singkatan
memuat ungkapan
–
ungkapan:
A : How about drinking coffee?
B : Thank you
so much/ No thanks.
A: Congratulations on your 13th birthday!
B: Thank you.
A: you lokk so charming in that white gown.
B: Thanks.
A: What do you
think of
this?
B:
Not bad.
Percakapan
singkatan
memuat ungkapan
–
ungkapan:
A: Would you
come to
my party?
B: I’d love to
/ I want to,
but ........
A; I do agree
B; Thanks for
the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No
problem
A: You have
beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy
birthday.
B:
Thank you.
|
1.
Brainstorming
bertanya dan
menjawab tentang
berbagai hal terkait
tema topik yang
akan dibicarakan.
2. Membahas
kosakata
( noun
phrase,
verb
phrase,
adverb
phrase) tata bahasa (kalimat
sederhana
tentang
tawaran
jasa,
meminta
sesuatu,
informasi
faktual,
pendapat
terkait
materi
percakapan
3. Mendengarkan
percakapan
yang
memuat ungkapan ungkapan dalam materi dengan cermat
4. Menjawab
pertanyaan tentang
isi percakapan.
5. Memberi
respon
lisan
dan tulis
terhadap
ungkapan
yang didengar.
1. Memberi
respons
lisan
Curah
pendapat
tentang
hal-hal
terkait
topik/ungkapan
yang
akan dibahas
2. Membahas
kosakata
dan tata
bahasa terkait topik/ ungkapan yangdibahas
3. Mendengarkan
percakapan
memuat ungkapan
terkait
marteri
4. Tanya jawab
tentang isi
percakapan
5.
Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
|
• Merespon
ungkapan menawarkan, menerima,
menolak tawaran (sesuatu).
• Merespon
Ungkapan pujian, selamat, kekaguman, cara memilih.
• Merespon
ungkapan meminta dan memberi
Pendapat
• Merespon
ungkapan
mengundang,menerima, dan menolak ajakan
• Merespon
ungkapan
menyetujui / tidak menyetujui
• Merespon
ungkapan memuji
•
Merespon ungkapan memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes
lisan
|
Merespon secara
lisan
Pertanyaan
lisan
Pilihan ganda
Pertanyaan
lisan
Isian
|
Respond the
following
statement
Q: How about drinking coffee
A:.......
Q: Congratulations of your winning!
A: ...........
Choose the
right
response
Q: What do you think of this?
a. Yes, I did
b. Not bad.
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you
think of my new dress
A:............
Write your
response to the
following
statements:
1. Would you go
with me to the
movie?
2. I do agree
with
you to join the
speech contest
3. You have
beautiful hair.
4. You
passed your
exams.
Congratulations.
|
2 x 40 menit
|
1. Script percakapan
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD Player
- TV
3.
Gambargambar/ benda terkait
1 Script
percakapan
2 Rekaman
percakapan
3 Tape recorder
4 Gambar yang
relevan Buku teks yang relevan
|
Bersahabat, komunikatif
Cermat.
Percaya diri.
Kreatif.
Kerja sama.
Ulet.
Rasa ingin tahu.
Toleransi
|
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1 Merespon
makna yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederh ana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
• Teks
fungsioanl
pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house
forlunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
• Ciri
kebahasaan teks
fungsional pendek
• Langkah
retorika teks:
- descriptive
(identification –
descriptions)
- recount (
orientation events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
• descriptive
• recount
Langkah
retorika teks :
• descriptive
(identification
–
descriptions)
• recount
(orientation events –
reorientation)
|
1. Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas dengan rasa ingin tahu
2. Membahas
kosakata yang terkai tema/topik/undang
an
(noun phrase,
verb
phrase)
3. membahas
ungkapanungkapan
yang sering muncul
dalam undangan:
- I want you to come to.......
- Please come to ...
- Don’t forget to
Come to......
4.
Mendengarkan
teks fungsional pendek
(undangan)
5. menjawab
pertanyaan
tentang berbagai
informasi yang terdapat dalam teks fungsional,
undangan.
6.
Mendengarkan
contoh-contoh undangan lainnya dari teman dengan cermat
7.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek :
undangan
- invite
- occasion
- time
-
place
- Invitor
1 Eliciting
kosakata
terkait tema/topik/
jenis teks
2 Membahas
tata
bahasa
terkait jenis
teks
yang akan dibahas
3 Mendengarkan
teks
Monolog
descriptive /
recount dengan topik
tertentu dengan ingin tahu
4 Menjawab
pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5 Menjawab
pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
|
•
Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional
pendek berupa undangan.
•
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa
Undangan.
•
Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks
Berbentuk descriptive dan
recount
•
Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks deskriptif
dan recount.
|
Tes
tertulis
Tes lisan
Tes
tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pertanyaan
lisan
PG
|
Complete the
following
sentences
based on the
text
you hear
Answer the
questions
orally
based on the
text
you listen to
Choose the best
option based on the
text you have
listened
to
|
2 x 40 menit
2
x 40 menit
|
1. Script teks
undangan
2. Rekaman
undangan
- cassette
- tape recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar/
realia terkait tema/topik/ jenis teks
1 Buku teks
yang relevan
2 Gambar
terkait tema / topik
Script teks:
descriptive /
recount
4 Rekaman teks
5
Tape recorder
6 OHP
7 Lingkungan
sekitar
|
Rasa Ingin tahu
Kreatif, mandiri
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get
things done) dan
interpersonal
(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan
berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
menawarkan, menerima,
menolak sesuatu(tawaran), memberi, menerima, menolak pendapat.
3.2 Memahami
dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan
Interpersona l(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/tidak
menyetujui,
memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan
singkatan
memuat ungkapan
–
ungkapan.
A: Can I have a
bit.
B: Sure. Here
you are.
A: What do you
think of
this?
B: Not bad.
A: Do you agree with that?
B: Yes I agree/ No I don’t.
A: Would you
come to
party?
B: I’d love to
/ I wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for
the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have
beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy
birthday.
B;
Thank you.
|
1. Review kosakata
dan ungkapanungkapan
terkait materi dan tema
2. Tanya jawab
Menggunakan ungkapan ungkapan tersebut
3. Bermain
peran melakukan
percakapan yang disediakan guru dengan percaya diri
4. Bermain peran
Melakukan
percakapan
Berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
percaya diri
5. Menggunakan
ungkapan yang telah dipelajari
dalam real
life
situation dengan mandiri
1. Review
kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2.
Memperkenalkan
kosakata
baru /
ungkapanungkapan
yang
akan
dibahas
3. Tanya jawab
menggunakan
ungkapanungkapan
terkait
materi dengan bersahabat
4. Menirukan
percakapan
yang
diucapkan
guru
5. Melakukan
percakapan
yang
diberikan
6. Melakukan
tanya
Jawab
menggunakan
Ungkapan tersebut
|
Bertanya dan
menjawab tentang menawarkan , menerima,
menolak jasa
Bertanya dan
menjawab
tentang
meminta,memberi,
menolak
tawaran
Bertanya dan
memberi pendapat
Bertanya dan
menjawab tentang mengundang,
menerima,
menolak
ajakan
Bertanya dan
menjawab tentang menyetujui.tidak
menyetujui
Bertanya dan
menjawab tentangmemuji
Bertanya
danmenjawab tentang
memberi selamat
|
Tes lisan
Tes
lisan
|
Bermain peran
Bermain
peran
|
Create a
dialogue
based on the
role
cards and
perform
it in front of
the
class.
Create a
dialogue
based on the
role
cards and
perform
it in front of
the
class.
|
2
x 40menit
|
1. Buku teks
yang
relevan
2.
Gambar-gambar
terkait tema
3. Realia
Benda sekitar
|
Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif
Percaya diri
Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
4. Mengungkap kan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1
.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan
lingkungan
4.2.
Mengungkapkan
makna
dalam monolog
pendek sederhanadengan menggunakan
ragam
bahasa nista
secara
akurat, lancar,
dan
berterima untuk
berinteraksi
dengan
lingkungan
sekitar
dalam
teks berbentuk
descriptive dan recount
|
Teks fungsional
pendek
berupa :Undangan
1. Teks pendek
berbentuk recount
2. – informasi
faktual- informasi rinci
-
gagasan utama
-
gagasan
pendukung
dalam
teks
pendek
berbentuk recount
3. Ciri
kebahasaan teks
recount
|
1.
Mendengarkan teks fungsional pendek:
undangan dengan cermat
2. Tanya jawab
tentang
isi teks“undangan”
3. Tanya jawab
tentang
struktur
teks
4. Membuat
kalimat
sederhana
terkait
jenis
teks bentuk
undangan
- I
want to come to....
-
Please come to........
5. Berlatih
mengundang
seseorang
secara
lisan
menggunakan
gambit-gambit
tertentu
dengan kreatif dan
komunikatif
Contoh:
A: Hi Guys, I
want you all to
come to
my birthday party.
B: We’d love
to! When?
A:
Tomorrow, at 4.00
6. Secara
berpasangan atau
dalam kelompok
mengungkapkan undangan
berdasarkan konteks / situasi yang diberikan
7. Secara
mandiri
Mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya jawab
berbagai hal
terkait topik tertentu (
peristiwa, kejadian,
pengalaman )
2.
Mengembangkan
kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks
recount
3.
Mengidentifikasi kejadian, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami
melalui tanya jawab
4. Melakukan
monolog dalam
bentuk recount
|
• Mengungkapan
secara lisan teks
fungsional pendek
berbentuk
undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to
come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
• Bertanya dan
menjawab secara lisan berbagai
Informasi tentang teks
fungsional pendek
berbentuk undangan
1. Bertanya dan
menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk :
- Recount
2. Melakukan
monolog pendek
dalam bentuk
recount
|
Tes
lisan
|
Performance
|
Invite your
friend to
come to your
bithday party
orally!
Think of an
activity
or event that
happened to you
yesterday
and tell us about it.
|
2 x 40 menit
4
x 40 menit
|
1. Buku teks
yang relevan
2. Gambar
terkait tema/topik
3. Benda-benda
sekitar
1. Buku teks
yang Relevan
2.
Koran/majalah
3.
Gambar peristiwa
|
Cermat
Kreatif,
Bersahabat
Kreatif,
komunikatif
|
Standar
Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1. Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive
dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2. Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3. Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional
pendek
berupa:
Undangan
Makna gagasan
Makna tekstual
dalam teks descriptive dan recount
Langkah
retorika teks descriptive dan recount
Tujuan
komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri
kebahasaan teks descriptive dan recount
|
1. Brain
storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk
“undangan”
2. Mendengarkan
undangan yang dibacakan oleh guru/ teman dengan cermat
3. membaca
nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan dengan
percaya diri
4. menjawab
pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
5. Menyebutkan
tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
1. Tanya jawab
berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2. Review
kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3. Membaca teks
descriptive/recount dengan rasa ingin tahu
4. Menjawab
pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menjawab
pertanyaan tentang tujuan komunikatif dan langkah retorika teks descriptive/recout
6. Menyebutkan
ciriciri Kebahasaan teks yang dibaca dengan
antusias
|
Membaca
dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan
Makna gagasan
Makna
tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah
retorika teks descriptive dan recount
Tujuan
komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri
kebahasaan teks descriptive dan recount
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tulis
Tes
lisan
|
Membaca
nyaring
Uraian
True or False
Membaca
nyaring
|
Read the the
text
aloud and
clearly.
Answer the
following
questions
based on the
text
Choose the best
Answer (T or F)based on the
text.
Read the text
aloud.
|
2 x 40menit
4
x 40menit
|
1. Buku teks
yangrelevan
2. Gambar
terkait tema/topik
3. Benda-benda
sekitar
1. Buku teks
yang relevan
2.
Koran/majalah
3. Gambar
peristiwa/temp at
4. Lingkungan
sekitar
|
Percaya diri
Kreatif,
cermat,
komunikatif
mandiri
Rasa ingin tahu
antusias
|
Standar
Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1.
Mengungkapkan
makna dalam bentuk
teks tulis fungsional
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2.
Mengungkapkan
makna dan langkah
retorika dalam esei
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk
descriptive dan
recount
|
Teks fungsional
pendek
berupa :
- Undangan
Teks rumpang
berbentuk
- descriptive
- recount
Kalimat
acak
|
1. Tanya jawab
berbagai hal
terkait tema/topik
teks fungsional yang akan
dibahas
2. Penguatan
kembali kosakata dan tata bahasa
terkait jenis teks fungsional
3. Menulis
kalimat
sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks
fungsional pendek
berdasarkan konteks dengan
kreatif dan komunikatif
1. Review
Ungkapan ungkapan yang mendeskripsikan
benda, orang atau tempat.
2. Menulis
kalimat yang
Mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang
berdasarkan
gambar/realia.
3. Melengkapi
rumpang dalam teks deskriptif
dengan kata yang tepat.
4. Menyusun
kalimat acak menjadi teks deskriptif yangterpadu.
5. Membuat
draft teks deskriptive
secara mandiri.
6. Mengekspos
teks
descriptive yang
ditulis di
kelas dengan mandiri dan percaya diri
|
• Melengkapi
rumpang teks
fungsional pendek
• Meyusun kata
menjadi teks
fungsional yang
bermakna
• Menulis teks
fungsional pendek
• Melengkapi
rumpang teks essai
pendek berbentuk
descriptive
• Menyusun
kalimat
menjadi teks yang
bermakna dalam
bentuk descriptive
• Menulis teks
essai
dalam bentuk
descriptive
.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes
tulis
|
Essay
Completion
Jumbled
sentences
Essay
|
1. Write simple
sentences based on the situation given.
2. Write an
invitation/ an announcement / message based on the situation given.
• Complete
the paragraph using the suitable words.
• Rearrange
the following sentences correctly.
• Write an
essay describing something or a certain place.
|
2 x 40 menit
4
x 40 menit
|
1. Buku teks
yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang
relevan
1. Buku teks
yang relevan
2. Gambar
terkait tema/topik
3. Benda-benda
sekitar
|
Kreatif
Cermat
Komunikatif
Kreatif
Cermat
Komunikatif
Percaya diri
Mandiri
|
LEMBAR
PENGESAHAN
Tulungagung,
02 September 2013
Guru Pamong Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI CAHYONO, S.Pd HANIK KHOIROTUN NIMAH
NIP. 197712102005011002 NIM. 3213103071
Tidak ada komentar:
Posting Komentar