RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Skill
: Tenses
Sub
Topik
: Simple Present Tense
Bidang Studi
: Bahasa Inggris
Kelas
/Semester : VIII/ Ganjil
Waktu
: 40 menit (1 x pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna
dalam kalimat pendek sangant sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.
B.
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna
tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar bentuk
kata kerja dalam kalimat yang berhubungan dengan waktu (saat kejadian). Dalam
bahasa Inggris terdapat tenses present tense, namun yang digunakan tenses
Simple PresentnTense.
C.
MEDIA
1. Papan
tulis, spidol.
2. Gambar
pola kalimat.
3. Kalimat
4. Kata
“Kerja” yang menggunakan e/es.
D. INDIKATOR
1.
Siswa diharapkan mampu membedakan pengunaan kata kerja yang diawalai
dengan subject I, You,We They,He,He,It
2. Siswa diharapkan mampu membuat kalimat dengan
pola simple present tense
3.
Siswa diharapkan mampu menyebutkan kata kerja dalam bentuk simple present tense
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu membedakan pengunaan kata kerja yang diawali dengan subject I,
You,We They,He,He,It dengan tepat.
2.
Siswa mampu membuat kalimat dengan pola simple present tense sesuai dengan
pengunaanya
3.
Siswa mampu menyebutkan kata kerja dalam bentuk simple present tense sesuai
dengan konten
F.
SKENARIO PEMBELAJARAN
Warming up
1.
Guru mengucapkan salam dan mengecek
kehadiran siswa.
T.
Good morning, students! How are you?
S.
Who is absent today?
2.
Guru menanyakan beberapa pertanyaan
untuk mengarahkan pemikiran siswa ke dalam topik yang akan dipelajari.
T.
Do you take a bath every day?
T.
What is your hobby?
Kegiatan inti
1.
Guru menunjukkan tenses simple present
tense di papan tulis.
2.
Siswa diminta untuk menuliskan kalimat
dengan pola simple present tense.
3.
Siswa diminta mengecek kata kerja yang
ada di papan tulis di dalam kamus.
4.
Guru membimbing siswa untuk membuat
kalimat simple present tense.
5.
Guru membimbing siswa untuk membenarkan kata
kerja dalam bentuk simple present tense.
6.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan
kata kerja simple present tense.
7.
Guru meminta siswa untuk membedakan kata
kerja yang diawali subject: I, You, We, They, He, She, It.
Game
ü Murid
diminta membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa. Masing-masing kelompok
menyediakan kertas untuk menulis rumus simple present tense.
ü Guru
menunjukkan pola kalimat yang benar sesuai dengan simple present tense. simple
present tense.
ü Tiap-tiap
kelompok menyerahkan kalimat simple present tense kepada guru.
ü Guru
bersama semua siswa mengecek kalimat yang ditulis.
ü Kelompok
yang paling banyak salahnya diberi sanksi untuk menyanyi bersama di depan
kelas.
Closing
ü Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang telah dibahas.
ü Guru
memberikan pekerjaan rumah.
ü Guru
mamberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa.
G.
PENILAIAN
Data kemajuan siswa
diperoleh dari :
ü Peran
serta siswa.
ü Sikap
dan perilaku siswa dalam bertanya.
ü Kerja sama dan kekompakan dalam kelompok
ü Jawaban
yang dituliskan.
H.
REFLEKSI
Pada akhir kegiatan
peserta didik ditanya:
ü Apakah
kamu menyukai metode seperti ini?
ü Apakah
kamu mau jika metode ini digunakan di lain waktu?
I.
RUBIK
PENILAIAN
No
|
Elemen
yang dinilai
|
Sekor
maksimal
|
Penilaian
peserta didik
|
1
|
Content
|
25
|
|
2
|
Accuracy
|
25
|
|
3
|
Coherency
&cohesiveness
|
25
|
|
4
|
Punctuation
|
25
|
|
|
Total
|
100
|
|
Tulungagung,
04 September 2013
Mengetahui
Guru
pamong
Anang
Dwi C.,S.Pd
NIP.
197712102005011002
|
Guru
Bahasa Inggris
Hanik
khoirotun nikmah
NIM.
3213103071
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar