LESSON PLAN
Education Unit : MTs Aswaja
Class / Semester : VIII / I
Competence : Writing
Theme : Descriptive Text
Time allocation : 2 x 40
A. Standar Kompetensi:
Siswa
dapat mengungkapkan makna dalam teks fungsional dan monolog dalam
deskripsi teks yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi
dasar:
Siswa
mampu merespon makna dalam bentuk teks sederhana dalam bentuk deskrpisi teks
secara akurat, lancer, dan berterima dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
ü Siswa dapat mengidentifikasikan deskripsi teks
ü Siswa dapat mengetahui karakteristik deskripsi teks
ü Siswa dapat memberi contoh deskripsi teks
Learning objectives :
Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
ü Mengidentifikasikan deskrpsi teks
ü Mengetahui karakteristik deskripsi teks
ü Memberi contoh deskripsi teks
I.
Material
Materi terdiri
dari:
a.
Definisi
tentang Deskrpsi Teks
b.
Karakteristik
deskripsi teks
c.
Game
yang berkaitan tentang deskripsi teks, yang terdiri dari: Snake, Monkey, Ant,
and Rabbit
II.
Metode: “Communicative Language Teaching”
III.
Aktivitas dalam Pembelajaran
Guru
|
Time
|
1.
Pre-Teaching Activities
|
3’
|
·
Greeting
·
Check the attendance list
|
|
2.
Whilst-Teaching activities
|
10’
|
·
Guru memberikan game dengan menunjuk 4 siswa secara random
·
Masing- masing siswa membaca sebuah teks yang telah disediakan oleh
guru yang berbentuk deskripsi teks,sedangkan siswa yang lain menebak apa yang
telah dibaca oleh siswa yang membaca teks tersebut.
·
Terdapat 4 teks, dan ke 4 teks
tersebut mengandung mistery word yang harus ditebak, mistery words tersebut
diantaranya : Snake, Monkey, Ant, and Rabbit
·
Setelah berhasil menebak, siswa diberi pengetahuan tentang hubungan antara
game dengan topic yang dibahas, yaitu Deskripsi Teks
·
Guru menjelaskan tentang deskripsi teks
·
Guru menjelaskan tentang karakteristik deskripsi teks
|
|
3.
Closing
|
20’
|
·
Guru member tugas siswa untuk membuat sebuah deskripsi teks dengan
topic bebas dan dikumpulkan di pertemuan berikutnya
|
|
IV.
Evaluasi:
Untuk mengukur
sejauh mana pengetahuan siswa tentang deskripsi teks, guru memberikan kuis di
akhir pembahasan atau pertemuan.
V.
Referensi:
7th
Junior High School Handbook, “Let’s Talk”, pages 88
A source from Internet, from:
http://adf.ly/1477046/banner/http://www.sekolahoke.com/2011/07/descriptive_tex
VI.
Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Structure benar, spelling benar
structure benar, spelling kurang tepat
Structure dan
spelling bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
5
3
1
0
|
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar
skor 5
2. Jumlah skor maksimal x 2
3. Nilai maksimal = 100
4. Nilai Siswa =
Tulungagung, 04
September 2013
Mengetahui
Guru pamong
Anang Dwi C.,S.Pd
NIP. 197712102005011002
|
Guru Praktik
Hanik khoirotun nikmah
NIM. 3213103071
|
MEDIA PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar